loading...

Inilah Tips Atasi Bug "1 Januari 1970" di iPhone

Seperti yang sudah diwartakan sebelumnya, iPhone ternyata memiliki sebuah bug berbahaya yang bisa merusak perangkat secara permanen. iPhone yang dirubah tanggalnya menjadi 1 Januari 1970 akan secara otomatis mengalami reboot dan tidak menyala lagi.


Awalnya, bug ini hanya dipandang sebagai guyonan belaka. Namun, setelah beberapa pengguna iPhone mencoba hal tersebut, ternyata bug tersebut benar-benar bisa merusak iPhone. Saat reboot, layar iPhone terus berwarna putih dan tidak menunjukkan perubahan ke layar menu.

Bagi pengguna yang sudah mencoba, jelas ini adalah hal yang memusingkan. Cara mengatasinya adalah mematikan daya iPhone langsung dari baterai. Pengguna cukup melepas baterai dan memasangnya kembali. Setelah itu, iPhone akan dipaksa untuk mengatur ulang tanggal dan ponsel dapat kembali menyala lagi. Untuk lebih jelasnya dapat Anda lihat pada video berikut:


Perlu diingat, hal ini memerlukan keahlian dan perangkat khusus untuk membuka baterai iPhone. Apple menggunakan sekrup khusus yang tidak bisa dibuka menggunakan obeng biasa. Selain itu, sebelum mencobanya, pengguna harus sangat berhati-hati agar tak merusak bagian lain dari iPhone.

Di sisi lain, Apple sendiri ternyata sudah mengetahui masalah bug yang cukup meresahkan ini. Dan, perusahaan yang berbasis di Cupertino tersebut menyatakan akan merilis pembaruan software untuk mengatasi masalah ini.

Sebagai informasi, bug ini dilaporkan hanya menyerang perangkat iOS dengan prosesor 64bit, yakni iPhone 5s, 6, 6 Plus, 6s, 6s Plus, iPad Air 2, iPad Mini 3 dan 4, serta iPod Touch generasi ke-6. Dan, sampai saat ini belum diketahui bug tersebut bisa berakibat begitu fatal bagi iPhone.

Namun, berdasarkan beberapa analis, kemungkinan besar hal ini berkaitan dengan waktu Unix yang digunakan di iOS. Secara sederhana, dengan mengatur waktu ke tanggal 1 Januari 1970, maka akan terbaca sebagai nilai nol (0).

Pada dasarnya, hal ini tidak begitu menjadi masalah. Namun, ketika secara otomatis iPhone mencoba menampilkan waktu sebelum itu, misalnya sebuah SMS baru. Maka, secara tak langsung akan menghasilkan angka negatif dan menyebabkan kerusakan sistem.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Inilah Tips Atasi Bug "1 Januari 1970" di iPhone"

Post a Comment

Peraturan Berkomentar :
- Berkomentar dengan Sopan dan Bijak!
- Untuk Berkomentar Gunakan (OpenID / Name URL / Google+)
- Your attitude determines everything
- Dilarang Spam & Sara